6 Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19

Pandemi di Indonesia belum hadir, banyak juga para penguasaha maupun karyawan yang menjadi tidak stabil dalam keuangannya saat ini. Nah, kali ini kita akan bahas tentang cara mengatur keuangan saat pandemi.

Tentunya mengatur keuangan saat penting untuk tetap bertahan di masa sekarang ini. Hal ini karena banyak usaha yang menjadi sepi karena penurunan jumlah pengunjung, banyak usaha juga yang ditutup karena hal tersebut hingga menjadi PHK pada karyawan yang di tempat kerjanya ditutup tersebut.

Melihat hal tersebut, banyak orang yang semakin pusing dan tidak bisa beradaptasi dengan keadaan. Terlebih lagi, kita juga harus bertahan hidup selama pandemi ini. Maka dari itu, mengatur keuangan menjadi hal yang harus kalian ketahui

Di artikel ini kami akan bahas 6 point yang harus kalian ketahui dalam mengatur keuangan pada saat pandemi ini. Nah, apa saja yang harus kalian lakukan dalam bertaha hidup ini? Cari tahu jawabannya disini.

Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Membuat Data Keuangan Sekarang

Hal pertama yang bisa kalian lakukan dalam mengatur keuangan saat pandemi adalah membuat data keuangan kalian. Misalnya kalian harus tau berapa pemasukan kalian saat ini maupun pengeluaran kalian dengan begitu kalian memahami alur keuangan kalian kemana saja.

Dengan begitu, kalian akan lebih hati-hati dalam membelanjakan keuangan kalian agar tidak mudah loss banyak dan begitu saja kehilangan.

Jangan Pernah Minjam Dulu

Ketika pandemi begini, pemasukan pun sedikit, sebaiknya kalian menghindari segala jenis pinjaman apapun. Hal ini karena akan membuat kalian terpaksa membayar apapun yang bersifat konsumtif. Maka dari itu, hindari pinjalaman apalagi pinjaman online yang mempunyai bunga begitu tinggi.

Selama pandemi pastikan kalian hidup dengan sederhana untuk menekan pengeluaran kalian dan jangan sekali sekali meminjam agar tidak terbelit utang dengan bunga yang tinggi.

Kreatif untuk Mendapatkan Uang

Selanjutnya, cara mengatur keuangan saat pandemi adalah dengan mencari tambahan uang secara kreatif. Banyak orang yang mungkin menimbun keuangan pada deposito karena usaha saat pandemi tidak memungkinkan.

Nah, kalian harus berfikir kreatif untuk para pegawai yang sudah di PHK, bisa saja mencari sampingan lain yang ada di Internet seperti freelancer untuk negara lain. Tentunya hal ini akan menambah pemasukan kalian. Seperti yang kita ketahui saat di negara barat sudah pada selesai karantina. Hal ini memungkinan bisnis mereka jalan dahulu. Gunakan juga website untuk media promosi Online

Pilihan untuk melakukan kerja secara online dengan melakukan freelancer adalah hal yang terbaik untuk menambah pemasukan kalian. Jadi, coba untuk kreatif dalam menajalankan keuangan kalian.

Investasi Pada Obligasi

Keempat jika kalian mempunyai keuangan yang bersifat diam atau bukan uang panas. Daripada menaruh di Deposito yang memungkinkan inflasi akan memakan uang kalian tersebut, lebih baik menaruhnya pada beberapa obligasi

Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi ini akan membuat kalian bertambah keuangannya tanpa harus bekerja dengan keras. Yah, bisa dibilang uang akan bekerja untuk kalian nantinya.

Membuat Perencanaan Keuangan Dalam Beberapa Tahun

Pandemi belum tahu kapan kelarnya bukan ? Maka dari itu kalian juga harus membuat perencanaan dalam beberapa tahun ke depan. Dengan adanya perencanaan beberapa tahun kedepan kalian bisa mendapatkan garis besar dari data keuangan dan kalian pasti tau mana yang bisa kalian manfaatkan.

Misalnya saja keuangan kalian dibagi dengan 20% untuk biaya hidup 50% untuk biaya investasi dan 30 % untuk ditabung. Dengan mengikuti aturan ini kalian bisa mendapatkan keuangan yang matang dalam beberapa tahun kedepan

Jangan lupa untuk Dana Darurat

Dengan adanya dana darurat kalian bisa berjaga-jaga, hal ini karena kita tidak tahu apa yang terjadi depan kita. Maka dari itu dana darurat sangat penting untuk berjaga-jaga. Siapa tahu nanti dari keluarga ada yang sakit dan kita harus membantunya. Setidaknya kalian menyisihkan beberapa persen dari pendapatan kalian.

Itulah Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19 yang harus kalian ketahui. Kita tidak tahu bagaimana pandemi akan berjalan nantinya. Dengan kalian bijak untuk mengatur uang maka kalian bisa untuk bertahan hidup saat pandemi ini. Jadi, pastikan kalian menjaga keuangan kalian di pandemi ini ya

Leave a Comment